Presiden Termiskin di Dunia


Saat membaca judul diatas pasti yang terlintas di pikiran kamu adalah "mana ada sih Presiden yang miskin". Eits, jangan salah. Di negara bagian selatan Amerika, disanalah dia memerintah. Dia adalah Presiden Jose Mujica. Presiden negara Uruguay ini baru saja mendapat julukan Presiden Termiskin di Dunia.

Uruguay merupakan salah satu negara yang berkembang, tapi kenapa Presidennya miskin ya? Pasti kamu penasaran. Ok deh langsung aja ke topik selanjutnya.

Presiden Uruguay mendapatkan gaji USD $12.500 setiap bulannya. Tapi Presiden Jose hanya mengambi 10 % nya yaitu sebesar USD $1.250 untuk dirinya. Sedangkan sisanya disumbangkan kepada rakyatnya.

“Saya cukup dengan jumlah tersebut, saya harus mencukupkan diri dengan jumlah itu karena banyak orang Uruguay yang hidup lebih sedikit dari jumlah itu”.

Itulah yang dia katakan saat orang-orang bertanya perihal tindakannya itu. Maka dari itu selain dijuluki Presiden Termiskin di Dunia, beliau juga mendapat julukan sebagai Presiden Termurah Hati di Dunia.

Presiden Jose juga menerapkan prinsip itu kepada isterinya. Sehingga isteri Presiden Jose yang berkerja sebagai seorang Senator juga ikut menyumbangkan gajinya untuk rakyat. Selama ini mereka tinggal di sebuah peternakan miliknya di Montevido. Dan barang termahal yang pernah dibeli oleh Presiden Jose adalah mobil Volkswagen Beetle seharga USD$1945.

Negara Uruguay yang dipimpin oleh Presiden Jose juga merupakan salah satu negara yang tingkat korupsinya rendah. Presiden Jose Mujica juga tidak mempunyai hutang ataupun rekening di bank. Bagi beliau hal yang paling berharga tidak hanya uang tetapi bisa bersahabat dengan anjing kesayangannya.

Bagaimana dengan di Indonesia???

0 Response to "Presiden Termiskin di Dunia"

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme | Blogger Templates | Best Credit Cards