Cara Membuat Empek-Empek Palembang

Tips and Trick membuat empek-empek asli Palembang.
Halo sobat, apa kabarnya kalian semua? Saya harap kalian semua dalam keadaan baik ya, jadi bisa baca artikel ini dengan baik juga. Kali ini saya mau cerita dulu sebelum menulis. Begini ceritanya.
Sore tadi teman saya memberikan saya empek-empek buatan sendiri. Dari tampilan luar sih kelihatan menarik. Waktu saya mencobanya, aduh rasanya itu bukan main. Bukan main amburadulnya, tapi habis juga. Maklumlah namanya juga gratis alias free. Hehehe

Gara-gara itu saya jadi penasaran. Masak sih buat empek-empek aja nggak bisa. (sombong... padahal memang belum bisa)
Akhirnya saya mulai browsing internet. Cara membuat empek-empek asli Palembang. Buat sobat yang mau mencoba bisa ikuti langkah dibawah ini.

Bahan :
Empek-Empek
1. Ikan tenggiri 1 kg
2. Tepung Sagu 1/2 kg
3. Air
4. Garam
5. Vetsin

Kuah Empek-Empek
1. Air
2. Gula Merah
3. Cuka
4. Bawang Putih
5. Cabe Rawit
6. Garam

Cara Membuat :
Empek-Empek
1. Bersihkan ikan tenggiri dari duri lalu haluskan
2. Campur ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dengan air dan garam. Aduk sampai rata.
3. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit. Aduk sampai adonan tidak lengket lagi ditangan.
4. Bentuk empek-empek sesuai selera. Bisa bentuk kapal selam, lenjer atau bulat seperti bakso.
5. Rebus adonan sampai mengapung. Angkat dan tiriskan.
6. Goreng adonan yang sudah direbus tadi dengan minyak panas. Angkat dan tiriskan.

Kuah Empek-Empek
1. Rebus air dan gula merah. Tambahkan bawang putih dan cabe rawit yang sudah dihaluskan.
2. Tambahkan garam dan cuka sesuai selera.
3. Tunggu hingga mendidih. Saring dan sajikan.

Kalau dilihat dari cara diatas sih, nggak terlalu sulit. Tapi nggak tahu deh kalau prakteknya. Rencananya sih lusa mau buat empek-empek pakai resep diatas. Mudah-mudahan berhasil.

Sekian tips dari saya. Semoga bisa membantu. Jika ada kekurangan mohon kritik dan saran di kolom komentarnya.

NB : nanti kalau saya jadi membuat empek-empek, fotonya akan saya update ke blog ini.

4 Response to "Cara Membuat Empek-Empek Palembang"

  1. terima kasih banyak telah berbagi informasi tentang cara membuat empek palembang... semoga tuhan memberikan yang terbaik bagi kita semua

    Unknown says:

    sama-sama... kapan2 saya akan coba untuk memposting artikel resep makanan lain.

    Unknown says:

    selamat mencoba ya mba Ani

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme | Blogger Templates | Best Credit Cards