Penyebab Ngantuk di Pagi Hari

Apakah kamu masih harus berjuang untuk melawan kantuk di pagi hari? Meskipun jam tidur selama 8 jam sudah terpenuhi. Mungkin ini terjadi karena kelelahan pada siang hari nya, stress atau bisa juga emosi yang kurang terkendali.

Tapi bagaimana dengan kamu yang hanya duduk seharian di kantor, tapi keesokan harinya tetap tidak dapat bangun pagi dengan segar? Kamu memang tidak melakukan aktifitas fisik yang berarti, tapi mungkin ada kesalahan yang terjadi dalam mekanisme tubuh kamu.

Seperti di lansir dari ivillage, kekurangan zat besi adalah faktor pemicu rasa kantuk di pagi hari. Sebagian besar wanita mengalami kekurangan kadar zat besi dalam tubuh. Bahkan 91% perempuan diInggris dengan rentang usia 16 hingga 64 tahun mengalami hal ini karena program diet yang dijalankan.

Kurangnya kadar zat besi menjadi penyebab kelelahan dan penurunan kemampuan dan konsentrasi. Grafik ini akan terus meningkat menjelang sore hari. Untuk menyeimbangkan kadar zat besi, sesekali kamu boleh mengganti makan malam dengan menu steak. Berikut tips dari Oliver Gray, pendiri EnergiseYou, sebuah perusahaan yang berkonsentrasi dalam bidang kesehatan."Melalui beberapa tips ini, kamu dapat membantu mengembalikan energi dipagi hari."

1. Untuk menu makan siang dan malam, cukup sarapan dengan porsi seperti biasanya. Hanya saja, tambahkan snack atau makanan kecil pada pertengahan pagi dan sore hari untuk menambah energi. Proses pengolahan sarapan pagi menjadi energi hanya cukup hingga pertengahan siang, tidak sampai siang dimana kamu biasanya kembali mengisinya pada jam istirahat siang.

2. Pada menu makanan, suka atau tidak suka, sebaikanya kamu menyelipkan karbohidrat , misalnya buah, sayuran, coklat dan tidak lupa protein. Makanan yang mengandung lemak tinggi juga dapat meningkatkan energi akan tetapi pilih yang mengandung lemak baik seperti ikan, kacangkacangan atau minyak zaitun pada salad dan tumisan.

3. Jika biasanya kamu hanya mengkonsumsi sayur dan buah dalam porsi sedikit, mulai sekarang kamu diwajibkan untuk menambahkan porsinya.

4. Kurangnya air dalam tubuh pun menjadi pemicu rasa kantuk dan lelah. Air sangat dibutuhkan untuk penyerapan makanan didalam tubuh, untuk itu penuhi kebutuhan air dengan menyediakan minuman 1 hingga 2 liter setiap harinya.


5. Jika kamu merasa masih kurang, tambahkan suplemen zat besi. Dan juga vitamin C yang membantu penyerapan zat besi dengan baik. Suplemen penambah zat besi dalam bentuk cair ataupun tablet ini tidak akan menimbulkan gangguan pada lambung.

Baiklah, sekian dulu pembahasan kali ini. Terimakasih karena sudah membaca artikel Penyebab Ngantuk di Pagi Hari. Dapatkan info dan tips lainnya only on All Topic.

0 Response to "Penyebab Ngantuk di Pagi Hari"

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme | Blogger Templates | Best Credit Cards