Bra Penampung ASI


Ha? sekarang ada Bra Penampung ASI? Pasti pertanyaan itu langsung terlintas dipikiran kamu ketika membaca judul diatas. Yups, memang benar adanya. Bra ini dibuat oleh anak bangsa Indonesia sendiri lho.

Devika Asmi Pandawangi siswi SMA 6 Yogyakarta menciptakan Bra ini untuk mengikuti National Young Inventor (NYIA) ke-5 di jakarta dan dinobatkan sebagai juara pertama.

Ide ini datang dari pengalaman dia sendiri ketika melihat ibunya yang baru melahirkan dan diharuskan untuk bekerja, sehingga ASI ibunya terbuang percuma. Devika merasa sangat sayang jika ASI ibunya terbuang sementara adiknya yang masih kecil sangat membutuhkannya.

Sistem kerja dari Bra ini sebenarnya cukup simple, pada bagian payudara diletakkan dua buah cup (masing-masing, kanan dan kiri) yang digunakan untuk menampung ASI yang menetes dengan sendirinya jika tidak diminum oleh bayi. Lalu cup itu dihubungkan dengan tempat penampungan ASI (yang terbuat dari plastik steril yang di lapisi alumuniun foil) menggunakan selang.

Penggunaan alumunium foil ini bertujuan agar suhu ASI tetap terjaga dan sama dengan suhu tubuh si ibu. Bra ini mampu menampung 800 ml ASI dan dapat bertahan selama 4 jam.

Semoga dengan penemuan ini, tidak ada lagi ASI yang terbuang sia-sia dari para ibu yang sibuk bekerja.

2 Response to "Bra Penampung ASI"

  1. reni says:

    luar biasa...generasi muda yang cemerlang

    Unknown says:

    @Reni : yups, betul sekali. kapan ya yg lain bisa nyusul???

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme | Blogger Templates | Best Credit Cards